Bingung bagaimana caranya menambah music playlist di wordpress kamu? Sudah coba berbagai cara tetapi tidak berfungsi juga? ^_^ Nah.. ada cara yang gampang banget buat kamu-kamu yang pengen banget blogging sambil dengar music kesukaan kamu. Penasaran? Ikuti instruksi berikut:

1. Visit site ini : http://www.mixpod.com/ atau website yang ada support gigya-nya.
2. Jika kamu merasa udah punya akun di website ini, langsung login saja. Tapi, jika kamu belum punya akun, kamu harus sign up dulu. Atau klik di sini.
3. Setelah selesai register, kamu akan diminta untuk mengkonfirmasi lewat email kamu.
4. Setelah selesai konfirmasi, login atau langsung ke halaman “My Playlist” yang terletak di bawah header website mixpod. Login dengan memasukkan email dan password yang udah kamu daftarkan di mixpod.
5. Jika sudah masuk ke home-kamu, klik “Create Playlist”
6. Cari lagu-lagu kesukaanmu di kotak “Search”
7. Setelah itu klik tanda seperti ini (+) untuk menambahkannya ke dalam playlist.
8. Jika kamu menginginkan banyak lagu untuk playlist kamu, ulangi saja mencari dan menambah lagu seperti tadi. Note: Biasanya ada pesan Error Occurred. Biasanya itu karena signal yang bermasalah atau karena lagu yang kamu cari belum terformat. Jadi sebaiknya cari lagu dengan memasukkan judul lagu atau penyanyinya saja.
9. Setelah lagu-lagumu berada dalam satu playlist, klik “2. Costumize”. Plih skin yang kamu senangi. Tetapi sesuaikan dengan ukuran kolom widget blog kamu. Jangan pilih skin playlist yang terlalu besar.
10. Kamu juga bisa mengubah warna skin-nya sesuai keinginanmu. Klik “Color and Styles”
11. Selanjutnya Klik “Setting”
12. Pada option ini akan muncul option-option seperti “Autoplay”. Pilih “Yes” jika kamu ingin lagu di playlist kamu langsung terdengar saat blog kamu dikunjungin visitor. Dan pilih “No” jika kamu ingin lagu-lagu kesukaanmu baru akan terdengar jika pengunjung meng-klik play atau tanda ”>” di playlist kamu.
13. Plih “Yes” pada option “Shuffle” jika kamu ingin lagu-lagu kamu terdengar secara acak. Dan pilih “No” jika kamu ingin lagu-lagumu terdengar secara berurutan sesuai dengan yang kamu urut.
14. Loop –> Yes. Privacy –>Public
15. Kamu juga bisa mengatur volume sesuai dengan keinginanmu.
16. Klik “Save Playlist” dan isi kotak Playlist Title (Judul Playlist kamu) dan Playlist Description (Tentang Playlist kamu).
17. Pada option “Genre” dan “Categories”, Pilih 3 saja.
18. Pada Kotak “Playlist tag”, isi saja kata-kata seperti “happy”, “favorite” dan sebagainya
19. Setelah itu Klik “Save (Get Code)”
20. Pilih option “Other Site” –> More –> logo WORDPRESS
21. Masukkan username dan password kamu untuk WordPress –> POST
22. Setelah ter-POSTING. Silahkan login di wordpress kamu –> EDIT POST –> Klik EDIT pada posting (no title) –> HTML –> Copy Kode-nya.
23. Klik WIDGET kamu –> drag (tarik) TEXT ke tempat yang kamu inginkanpada sideboard –> Beri judul –> paste Kode HTML yang telah kamu copy dari EDIT POSTING tadi –> SAVE
24. SELESAI –> LIHAT HASILNYA

NOTE:

1. Sekarang ini mixpod dengan skin music playlist sedang tidak berfungsi. Jadi, jika ingin menggunakan widget mixpod, kamu mesti pilih yang skin-nya ada support video.

2. Bagi yang menggunakan music widget di videokeman.com, ubah ukuran width-nya pada kode html yang ukurannya “300″ menjadi “200″ atau yang sesuai dengan ukuran kolom widget blog kamu biar tampilannya pas.

3. Website lain yang juga sangat mudah untuk memperoleh music widget adalah soundcloud.com. Disitu kamu bisa search lagu favorite kamu pada kolom search. Kemudian, jika sudah menentukan pilihan lagu, klik ‘share’ -> customize player -> pilih warna widget kamu -> tick autoplay -> copy code untuk wordpress -> paste kodenya pada kolom widget music kamu -> PREVIEW dan lihat hasilnya.

4. Ada lagi website lain yang juga sangat populer untuk widget music yaitu Music-live.net Di sini daftar lagunya lebih lengkap, mulai dari lokal sampai mancanegara. Karena lagu-lagunya juga bersumber dari website free upload ternama 4shared Bahkan kalau kamu punya lagu sendiri yang udah kamu upload ke 4shared, kamu bisa copy kode-nya dari website music-live.net ini. Keren kan?!. Caranya sama aja seperti mengambil code html dari videokeman. Cari lagu favorit kamu di search part, kemudian play & embed code. Tapi syaratnya kamu harus rela menunggu sampai buffering lagunya 100% selesai. Jangan setengah-sentengah yah. Karena kalau misalnya buffering-nya baru 20%, music-nya tidak bisa di-play lho. So, Tunggu aja sampai lagunya di-buffer seluruhnya baru post ke wordpress. Okey!😉

Gampang kan?!😎 Silahkan beri komentar di blog ini jika kamu menemukan masalah dalam menambah widget music playlist. Atu jika kamu merasa ada yang kurang jelas dari instruksi yang tertera di atas, silahkan isi pertanyaan pada kolom comment. Sebisa mungkin saya akan segera membalasnya.

*SELAMAT BLOGGING DAN BERKREASI TANPA HENTI*