Siapa yang tidak kenal dengan Microsoft Office? Software populer besutan Microsoft untuk System Windows ini hampir selalu ada di laptop ataupun personal komputer. Tidak ada alasan seseorang membeli laptop atau PC tanpa terinstall Microsoft Office didalamnya. Microsoft Office memudahkan Kita dalam urusan penulisan, baik text ataupun perhitungan angka. Kemudahan itu tidak lepas dari fitur-fitur yang tersedia didalamnya.

 

Dan salah satu fitur itu adalah Microsoft Office dapat diintegrasikan dengan platform blog. Hampir semua platform blog dapat diintegrasikan dengan Microsof Office, namun yang direkomendasikan olehnya hanya 6 platform blog. Seperti: Windows Live Spaces, Blogger, SharePoint blog, Community Server, TypePad dan WordPress.

Kelebihan memposting melalui Microsoft Office ini adalah lebih memudahkan blogger untuk mengelola tulisan dengan pilihan fasilitas dan fitur yang lebih lengkap yang tidak ditemukan didalam area posting platform blog. Adapun fitur yang tidak ada di area posting WordPress dan cuma ada di Microsoft Office untuk keperluan blog adalah:

  1. Table,
  2. Clip Art,
  3. Shapes,
  4. Smart Art.
  5. Chart,
  6. WordArt,
  7. Symbol yang lebih komplit,
  8. Pilihan Font yang lebih bervariasi.

Jika Anda seorang yang maniak menulis diblog pasti akan sangat membantu apalagi urusan membuat table dan diagram. Semua bisa Anda lakukan di Office dan apa yang Anda buat di Office akan sama persis saat tulisan Anda diterbitkan di blog. Disamping itu pula Anda tidak perlu selalu terhubung internet jika hendak membuat posting baru. Anda bisa menyimpannya terlebih dahulu di laptop atau PC Anda.

Untuk dapat melakukan posting melalui Microsoft Office sebelumnya Anda diwajibkan mensettingnya di dalam Office Anda.

  1. Silahkan aktifkan akses internet Anda terlebih dahulu.
  2. Di laptop atau PC Anda buka aplikasi Microsoft Office Word 2007.
  3. Untuk mulai mensetting, klik icon Microsoft Office .
  4. Pilih [Publish] > [Blog].
  5. Untuk pertama kalinya akan muncul tab Register a Blog Account, klik saja tombol [Register Now].
  6. Pada menu Blog silahkan pilih [WordPress] > [Next].
  7. Kemudian silahkan isi URL blog, Username dan Password WordPress milik Anda sesuai contoh pada screenshot dibawah.

    Blog Post URL: http://bloganda.wordpress.com/xmlrpc.php
  8. Setelah klik tombol [OK] diatas maka akan tampil pemberitahuan seperti terlihat pada screenshot dibawah dan langsung klik tombol [Yes].
  9. Beberapa saat permintaan Anda akan segera diproses seperti yang ditunjukan pada screenshot dibawah.
  10. Kemudian akan muncul tab connection, jika muncul tab ini silahkan masukkan Username dan Password WordPress milik Anda.    
  11. Jika berhasil tampilan area penulisan Office Anda akan terlihat seperti screenshot dibawah.

Anda telah berhasil mengintegrasikan Office Word 2007 ke akun WordPress Anda. Untuk selanjutnya silahkan mencoba serunya memposting lewat Office Word 2007. Selamat mencoba!