Kita tahu bagian tersulit blogging sebenarnya adalah saat memposting. Adapula sebagian blogger menggunakan perangkat lunak pengolah kata untuk membantu mereka dalam menulis. Untuk memenuhi kebutuhan blogger yang suka menulis, hari ini pihak WordPress.com secara resmi mengumumkan jenis fitur baru, yang bertujuan untuk membantu proses penulisan. Fitur baru ini muncul di bawah kotak area penulisan dan WordPress.com memberi nama fitur barunya Writing Helper.

 

Anda bisa melihat fitur baru ini pada [Posts] > [Add New] dan [Pages] > [Add New]. Fitur ini berada tepat dibawah area penulisan.

Fitur Writing Helper memiliki 2 fasilitas yaitu Copy a post dan Request Feedback. Screenshot bisa dilihat dibawah.

 

Copy a post

Fasilitas ini memudahkan pengguna untuk menyalin posting yang pernah dipublish/diterbitkan tanpa proses seleksi text dan merubah format yang ada. Cukup menekan tombol [Copy a post] dan sesaat beberapa posting terbaru akan ditampilkan. Anda juga bisa menggunakan kotak pencarian Search for post by title untuk mempersempit pencarian posting yang ingin Anda copy. Kemudian Anda tinggal klik tombol [Copy] pada judul posting pilihan Anda dan otomatis posting tersalin dengan sendirinya sesuai dengan aslinya baik judul, isi, kategori ataupun tag.

 

Dengan fitur ini Anda akan menghemat banyak waktu.

Request Feedback

Dengan fasilitas ini, sekarang Anda dapat berbagi posting Anda dengan seorang teman sebelum diterbitkan. Mereka dapat membantu Anda menemukan kesalahan ketik, menyarankan perbaikan dan memberikan nasihat untuk membuat posting yang luar biasa sebelum Anda mempublikasikannya ke seluruh dunia.

Anda cukup klik tombol [Request Feedback] dan memasukkan alamat email teman yang bersedia membantu Anda. Mereka akan menerima link pribadi khusus untuk melihat draft posting Anda, di mana mereka dapat meninggalkan umpan balik atas posting Anda (lihat gambar dibawah).

Dan teman yang Anda kirimi Feedback akan menerima pemberitahuan melalui email mereka.