10 BaseT Bagian dari standar asli IEEE 802.3, 10 BaseT adalah spesifikasi Ethernet 10Mbps baseband yang menggunakan dua pasang kabel yang saling terbelit (twisted pair), kabel kategori 3, 4 atau5-mengunakan satu pasang kabel yang saling menerima. 10 BaseT mempuyai sebuah batas jarak sekitar 100 meter per segmen.lihat juga: Ethernet dan IEEE 802.3.

 

100 BaseT Berdasarkan standar IEEE 802.3u, 10 BaseT adalah spesifikasi Fast Ethernet untuk baseband 100Mbps yang menggunakan kabel UTP. 100BaseT mengirimkan link pulses (yang berisi lebih banyak informasi  dibandingkan yang digunakan 10BaseT) melalui network ketika tidak ada lalu lintas data. Lihat juga: 10BaseT, Fast Ethernetdan IEEE 802.3.

 

100 BaseTX Berdasarkan standar IEEE 802.3u,  100BaseTX adalah spesifikasi Fast Ethernet baseband100Mbps yang menggunakan dua kabel UTP atau STP. Kabel pasangan data menerima data; pasangan kedua mengirim data. Untukmemastikan waktu sinyal yang tepat, sebuah segmen 100BaseTX panjangnya tidak bisa melibihi dari 100 meter.

Acknowledgment Vertifikasi yang dikirimkan oleh suatu peralatan network ke peralatan lainnya untuk menandakan bahwa sebuah kejadian telah terjadi. Bisa disingkat menjadi ACK. Berlawanan dengan : NAK.

ANSI American National Standards institute: Organisasi yan tediri dari perusahaan, pemerintahan, dan anggota-anggota sukarela yang mengkordinasikan kegiatan-kegiatan yang berhuungan dengan standar, menyetujui standar nasional Amerika Serika, dan mengembangkan posisi Amerika Serikat dalam organisasi standar internasional. ANSI membantu dalam pembuatan standar internasional dan Amerika Serikat untuk bidang seperti komunikasi, networking, dan berbagai bidang teknik. ANSI telah mempublikasikan lebih dari 13.000 standar, untuk produk-produk rekayasa dan teknologi, mulai dari ulir sekrup sampai protocol networking. ANSI adalah anggota dari the intertational Electrotechnical commission (IEC) dan Intertational Organization for standardization (iso)

 

Aplication layer Layer Application. Layer ke-7 dari model network OSI, menyediakan 16-bit tunggal  layanan-layanan untuk prosedur-prosedur aplikasi (seperti electronic mail atau transfer file) yang berada diluar model OSI. Layer ini memilih dan menentukan ketersediaan  dari partner komunikasi dan juga sumber daya yang diperlukan untk membuat koneksi, mengkordinasikan aplikasi-aplikasi yang berpasangan,dan membentuk sebuah kesepakatan terhadap prosedur-prosedur untuk mengendalikan integritas data dan error recovery. Lihat juga : Data link layer, Network layer, physical layer, Session layer , dan transport layer.

 

ARP Address Resolution Protocol. Didefinisikan di RFC 286, merupakan protocol yang melacak alamat IP ke alamat MAC.  

 

ASCII American standard Code for Information Interchange. Sebuah kode 8-bit untuk merepresentasikan karakter-karakter,terdiri dari 7 bit data ditambah 1 bit parity.

ASICs Application-spesific Integrated Circuit. Digunakan di switch layer 2 untuk membuat keputusan filtering. ASIC melihat ke dalam tabel filterdari alamat-alamat MAC dan menentukan port mana yang akan dituju oleh alamat hardware tujuan dai sebuah alamat hardware yang diterima. Frame akan diizinkan untuk melaui segmen itu saja. Jika alamat hardware tidak diketahi, frame akan di forward ke semua port.

Auto-detectmechanism Digunakan di sebuah switch, hub, dan kartu interface Ethernet,untuk menentukan duplex dan kecepatan yang di gunakan.

Auto duplex Sebuah setting pada peralatan layer 1 dan layer 2 yang menset duplex dari sebuah port pada switch atau hub secara otomatis.

Backbone Bagian dasar dari network angen menyediakan jalur utama untuk lalu lintas yan dikirimkan ke dan mulai dari network lain.

Bandwidth selisih antara frekuensi tertingi dan terendah yang digunakan oleh sinyal network. Lebih umum, ia mengacu pada kapasitas throughput yang diukur pada sebuah protocol atau media network.

Baseband Sebuah fitur dari teknologi network yang menggunakan hanya satu pembawa (carrier) fekuensi. Contohnya adalah Ehernet .Juga disebut “narrowband (pita sempit)”.Bandingkan dengan : broadband.

Baud Sinonim dari bit per second (bps) , jika setiap elemem sinyal menyatakan 1 bit. Baud adalah sebuah satuan dari kecepatan persinyalan yang ekivalen dengan jumlah elemen sinyal yang terpisah yang ditransmisikan per detik.

Binary Sebuah metode penomoran dengan 2 kharakter yang menggunakan satu dan nol.Sistem penomoran binary mendasari semua pernyataan digital dari informasi.

 

Bit sebuah digit binary , mempunyai nilai 1 atau 0. delapan bit membetuk sebuah byte.

Bridge Sebuah alat untuk menghbungka dua segmen dari sebuah network dan mentransmisikannya paket-paket diantaranya. Kedua segmen harus menggunakan protocol yang identik untuk berkomunikasi. Bridge berfungsi pada layer Data Link, layer ke-2 dari model referensi OSI. Tujuan dari sebuah brdge adalah untuk menyaring, mengirmkan atau melakukan broadcast pada setiap frame yang dating, berdasarkan alamat MAC dari frame tersebut.

Broadband Sebuah metodologi transmisi untuk melakukan multiplexing terhadap beberapa sinyal yang berbeda ke dalam satu kabel. Dalam telekomunikasi, broadband diklarifikasikan sebagai kanal apapun dengan bandwidth lebih dari 4 kHz (atau disebut voice grade dalam teknologi VLAN), ia diklsifikasika sebagai sebuah kabel koaksial dimana snyal analog digunakan. Juga disebut “ wideband (pita lebar).”

 

Broadcast Sebuah frame data atau paket yang ditransmisikan ke semua node pada segmen network local (seperti didefinisikan oleh broadcast domain). Broadcast dikenal dari alamat broadcast-nya, yang merupaka sebuah network dan alamat tujuan dengan semua bit di-on-kan (bernilai 1). Juga disebut “local broadcast.” Badingkan dengan : directed broadcast.

Broadcast address Digunakan dalam pengalamatan logical dan pengalamatan hardware. Dalam pengalamatan logical, alamat-alamat host akan menjadi 1 semua. Dengan pengalamatan hardware, alamat hardware akan menjadi satu semua dalam binary (atau semua F dalam bilangan hexadecimal).

Broadcast domain Sebuah group dali peralatan-peralatan yang menerima frame broadcast yang dimlai atau dikirim dari alat apapun di group itu. Karena router tidak memforward frame broadcast, broadcast tidak diforward daro satu broadcast domain ke broadcast domain lain.

 

Broadcast (multi-access) networks Network broadcast (multi access) seperti Ethernet memungknkan beberapa alat untuk dihubugkan ke (atau mengakses) network yang sama, dan uga menyediakan sebuah kemampuan broadcast dimana sebuah paket tinggal dikirimkan ke semua node di network tersebut.

Broadcast strom Sebuah kejadian yang tidak diiginkan pada network yang disebabkan ole transmisi secara serentak dari sejumlah broadcast yang melalui segmen network tersebut. Kejadian seperti ini dapat membuat bandwidth network kewalahan, yang mengakibatkan time-out.

Buffer Sebuah area penyimpanan yang menangai data ketika data itu dala transit. Buffer digunakan ntuk menerima atau menyimpan pengiriman yang sporadic dari data-data yang membesar, basanya diterima dari sebuah alat yang lebih cepat, untk mengkompensasi varias-variasi dalam kecepatan pemrosesan. Informasi yang dating disimpan sampai semuaya diterima sebelum mengirimkan data. Juga dikenal sebagai sebuah “information buffer”.

Bus topology sebuah arsitektur LAN linear dimana transmisi dari beberapa station pada network dibuat kembali sepanjang sebuah medium dan diterima oleh semua station lain. Bandingkan dengan: ring topology dan star topology

Byte delapan bit. Lihat juga: octet.

CD carrier detect: sebuah sinyal yang mengindikasikan bahwa sebuah interface sedang aktif atau bahwa sebuah koneksi yang dihasilkan oleh sebuah modem telah dibuat.

CDP Cisco Discovery Protocol. Protokol proprietary Cisco yang digunakan untuk memberitahuakan sebuah alat Cisco tetangga tantang type hardware, versi software dan interface aktif yang sedang digunakan oleh alat Cisco. CDP menggunakan sebuah alat frame SNAP di antara eralata dan tidak bisa di route.

Checksum Sebuah pengujian untuk memastikanintegitas dari data yang dikirimkan. Merupakan sebuah angka yang dihitung dari serangkaian nilai yang diambil melalui sederetan fungs-fungsi metematika, secara khusus ditempatkan pada akhir dari data dari mana ia itung, dan kemudian dihitung-ulang pada ujung penerima untuk verifikasi. Bandingkan dengan: CRC.

compression Sebuah teknik untuk mengirimkan lebih banyak data melalui sebuah link dibandingkan data yang secara normal diperbolehkan dengan cara mempresentasikan string-string data yang berulang dengan sebuah penanda tunggal (single marker).

congestion lalu lintas network yang melampaui kemampuan network menanganinya.

Connectionless Transfer data yang terjadi tanpa menciptakan sebuah rangkaian virtual. Memiliki overhead yang rendah, menggunakan pengiriman best-effort (usaha terbaik), dan tidak dapat diandalkan. Berlawanan dengan: connection-oriented. Lihat juga: virtual circuit.

connection-oriented Metode transfer data yang membuat sebuah rangkaian virtual sebelum data ditransfer. Menggunakan acknowledgment dan flow control untuk transfer data yang dapat diandalkan. Berlawanan dengan: connectionless. Lihat juga: virtual circuit.

console port Biasanya sebuah port RJ-45 (modular 8-pin) pada sebuah router dan switch Cisco yang memungkinkan kemampuan Command-Line Interface.

core layer Layer inti. Layer teratas dalam model hierarkis tiga-layer Cisco, yang membantu anda merancang, membangun, dan memelihara network-network hierarkis Cisco. Layer ini melewatkan paket-paket dengan cepat ke alat-alat layer distribusi saja. Tidak ada packet filtering yang akan terjadi pada layer ini.

 

Collision

Adalah suatu kondisi yang terjadi bila dua buah device mengirim data pada saat yang bersamaan. Akibat dari kejadian ini adalah hilangnya data.

CRC cyclic redundancy check: Sebuah metodologi yang mendeteksi error-error, dimana penerima frame membuat sebuah perhitungan dengan cara membagi isi dari frame dengan sebuah pembagi binary utama dan membandingkan sisa pembagian dengan sebuah nilai yang disimpan dalam frame oleh node pengirim. Berlawanan dengan: checksum.

crossover cable Jenis kabel Ethernet yang menghubungkan sebuah switch dengan switch, host dengan host, hub dengan hub, atau switch dengan hub.

CSMA/CD Carrier Sense Multiple Access with Collision Detection: Sebuah teknologi yang didefinisikan oleh komite IEEE 802.3 Ethernet. Setiap alat mendeteksi untuk merasakan sebuah sinyal digital pada kabel sebelum melakukan tranmisi. Juga, CSMA/CD memungkinkan semua alat pada network untuk berbagi kabel yang sama, tetapi hanya memungkinkan satu transmisi pada satu saat. Jika dua alat melakukan transmisi pada saat bersamaan, sebuah tabrakan frae akan terjadi dan sebuah pola jamming (pengacau) akan dikirimkan: alat akan berhenti melakukan transmisi, menunggu selama waktu tertentu atau selama waktu yang ditentukannya sendiri secara acak, dan kemudian mencobanya melakukan transmisi lagi.

CSU channel service unit: Sebuah mekanisme digital yang menghubungkan peralatan pengguna-akhir (end-user) ke loop telepon digital local. Sering disebut bersama dengan data service unit sebagai CSU/DSU. Lihat juga: DSU.

CSU/DSU channel service unit/ data service unit: Alat layer Physical yang digunakan dalam WAN unuk mengkonversi sinyal digital CPE menjadi apa yang dimengerti oleh switch di provider. Sebuah CSU/DSU biasanya adalah sebuah alat yang terhubung ke sebuah jack RJ-45 (modular 8-pin), yang disebut sebagai titik demarkasi.

data circuit-terminating equipment DCE digunakan untuk menyediakan clocking untuk perlengkapan DTE.

data encapsulation Proses dimana informasi pada sebuah protocol dibungkus, atau dimasukkan, dalam bagian data dari protocol lain. Dalam model referensi OSI, setiap layer mengenkapsulasi layer yang berada langsung diatasnya ketika data berpindah menuruni susunan protocol.

data frame Enkapsulasi Protocol Data Unit pada layer Data Link dari model referensi OSI. Mengenkapsulasi paket-paket dari layer Network dan mempersiapkan data untuk trasmisi pada sebuah media network.

datagram Sebuah koleksi logical dari informasi yang ditransmisikan sebagai sebuah unit layer Network diatas sebuah medium tanpa menggunakan sebuah rangkaian virtual yang sudah di buat sebelumnya. Datagram IP telah menjadi unit informasi primer dari internet. Pada layer-layer yang berbeda dari model referensi OSI, istilah cell, frame, message, packet, dan segment juga mendefinisikan pengelompokan informasi logical ini.

Data Link Control Layer Layer 2 dari model arsitektur SNA, bertanggung jawab untuk transmisi data melalui sebuah link fisikal tertentu dan bias dibandingkan dengan layer Data Link pada model OSI.

Data Link layer Layer 2 dari model referensi OSI, ia memastikan transmisi data yang bisa dipercaya melalui sebuah link fisikal dan terutama berkaitan dengan pengalamatan fisikal, disiplin line, topologi network, pemberitahuan error, pengiriman frame yang berurutan, dan flow control. IEEE membagi lebih lanjut layer ini menjadi sublayer MAC dan sublayer LLC. Juga dikenal sebagai link layer. Dapat dibandingkan dengan layer data link control dari model SNA. Lihat juga: Application layer, LLC, MAC, Network layer, Physical Layer, Presentation Layer, Session Layer, dan Transport Layer.

Data terminal equipment Lihat: DTE.

DCE data communications equipment (seperti didefinisikan oleh EIA) atau data circuit-terminating equipment (seperti didefinisikan oleh ITU-T): Mekanisme dan link dari sebuah network komunikasi yang menyusun bagian network dari interface user-ke-network, seperti modem. DCE menyediakan koneksi fisikal ke network, meneruskan lalu lintas network dan menyediakan sebuah sinyal clocking untuk melakukan sinkronisasi transmisi data antara alat-alat DTE dan DCE. Bandingkan dengan: DTE.

 

de-encapsulation Teknik yang digunakan oleh protocol-protokol ber-layer dimana sebuah layer menghapus informasi header dari Protocol Data Unit dari layer di bawahnya. Lihat: encapsulation.

default route Entri pada routing table statis yang digunakan untuk mengarahkan frame-frame yang hop selanjutnya tidak terdapat di routing table.

 

delay Waktu yang lewat antara inisiasi transaksi dari pengirim dengan respons pertama yang diterimanya. Juga, waktu yang diperlukan untuk memindahkan sebuah paket dari sumbernya ke tujuannya melalui sebuah jalur. Lihat juga: latency.

demultiplexing Proses mengkonversi sebuah sinyal multiplexed, yang terdiri dari lebih dari satu stream input, kembali menjadi stream output yang terpisah. Lihat juga: multiplexing.

destination address Alamat untuk peralatan network yang akan menerima sebuah paket.

directed broadcast Sebuah frame data atau paket yang ditransmisikan ke sebuah kumpulan node tertentu pada sebuah segmen network remote. Directed broadcast, atau broadcast yang diarahkan, diketauhi dari alamat broadcast-nya, yang merupakan sebuah alamat subnet tujuan dengan semua bit host di-on-kan.

 

distribution layer Layer tengah dari model hierarkis tiga-layer Cisco, yang membantu Anda merancang, menginstal, dan memelihara network hierarkis Cisco. Layer ini adalah titik dimana peralatan layer Akses melakukan hubungan. Routing dilakukan di layer ini.

DSU data service unit: Alat ini digunakan untuk mengadaptasi interface fisikal pada sebuah mekanisme data terminal equipment (DTE) ke sebuah fasilitas transmisi seperti T1 atau E1, dan juga bertanggung jawab untuk timing atau pengaturan waktu sinyal. Ia biasanya dikelompokkan dengan channel service unit dan disebut sebagai CSU/DSU. Lihat juga: CSU.

DTE data terminal equipment: Semua alat yang berlokasi di sisi user dari sebuah interface user-network yang bertindak sebagai sebuah destinasi, sebuah sumber, atau keduanya. DTE meliputi alat-alat seperti multiplexer, router, penerjemah protocol, dan computer. Koneksi ke sebuah network data dilakukan melalui data communication equipment (DCE) seperti modem, menggunakan sinyal-sinyal clocking yang dihasilkan oleh alat itu. Lihat juga: DCE

encapsulation Teknik yang digunakan oleh protocol ber-layer dimana sebuah layer menambahkan informasi header ke Protocol Data Unit (PDU) dari layer di atasnya. Sebagai contoh, dalam terminology internet, sebuah paket akan berisi sebuah header dari layer Data Link, diikuti oleh sebuah header dari layer Network (IP), diikuti oleh sebuah header dari layer Transport (TCP), kemudian diikuti oleh data protokol aplikasi.

encryption Konversi informasi ke dalam sebuah bentuk yang di acak yang secara efektif menyamarkannya untuk mencegah akses yang tidak diizinkan. Semua skema enkripsi mengunakan beberapa algoritma yang sudah ditentukan dengan baik, yang mana dibalik pada ujung penerima dengan menggunakan algoritma yang berlawanan yang dikenal sebagai decryption.

 

Ethernet Sebuah spesifikasi LAN baseband yang dibuat oleh Perusahaan Xerox Corporation dan kemudian ditingkatkan melalui usaha gabungan antara Xerox, Digital Equipment Corporation, dan Intel. Ethernet sama dengan standar seri IEEE 802.3 dan, menggunakan CSMA/CD, beroperasi pada beberapa jenis kabel pada 10 Mbps. Juga disebut: Ethernet DIX (Digital/Intel/Xerox). Lihat juga: 10BaseT, Fast Ethernet, dan IEEE.

Fast Ethernet Semua spesifikasi Ethernet yang memliki kecepatan 100 Mbps. Fast Ethernet adalah sepuluh kali lebih cepat dibandingkan dengan 10BaseT, dan mempertahankan kualitas-kualitas 10BaseT, seperti mekanisme MAC, MTU, dan format frame. Kemiripan ini memungkinkan aplikasi dan tool-tool manajemen untuk 10BaseT yang sudah ada, dapat digunakan pada network Fast Ethernet. Fast Ethernet didasarkan pada sebuah kepanjangan dari spesifikasi IEEE 802.3 (IEEE 802.3u). Bandingkan  dengan: Ethernet. Lihat juga: 100BaseT, 100BaseTX, dan IEEE.

 

FDDI Fiber Distributed Data Interface: Sebuah standar LAN, didefinisikan oleh ANSI X3T9.5 yang dapat bekerja pada kecepatan hingga 200 Mbps dan menggunakan media access token-pasing pada kabel serat optic. Untuk redundancy, FDDI dapat menggunakan sebuah arsitektur dual-ring.

flow control Sebuah metodologi yang digunakan untuk memastikan bahwa unit penerima tidak kewalahan dengan data dari alat pengirim. Di network IBM disebut pacing, artnya bahwa ketika buffer di alat penerima sudah penuh, sebuah pesan akan dikirimkan ke unit pengirim untuk sementara waktu menghentikan transmisi sampai semua data di buffer penerima telah diproses dan buffer sudah siap untuk bekrja lagi.

frame Sebuah satuan informasi logical yang dikirimkan oleh layer Data Link melalui sebuah medium transmisi. Istilah ini kadang mengacu pada header dan trailer, yang digunakan untuk sikronisasi dan pengontrolan error, yang mengelilingi data yang tersimpan dalam unit tersebut.

FTP File Transport Protocol: Protokol TCP/IP yang digunakan untuk mentransmisikan file-file di antara node-node network, mendukung banyak jenis file dan didefinisikan dalam rfc 959. lihat  juga :TFTP.

Full duplex Kapasitas untuk mentransmisikan informasi antara sebuah station pengirim dan sebuah unit penerima pada saat bersamaan. Lihat juga : half duplex.

Half duplex Kapasitas mentransfer data dalam hanya satu arah saja pada suatu saat antara sebuah unit pengirim dan unit penerima. Lihat juga: full duplex.

Handshake Rangkaian transmisi apa pun yang dipertukarkan di antara dua atau lebih alat pada sebuah network ntuk memastikan operasi yang sinkron.

Hierarchical addressing Semua rencana pengalamatan yag menggunakan sebuah rangkaian perintah logical untuk menentukan lokasi. Alamat-alamat IP dibuat dari sebuah hirarki dari nomor-nomor network, nomor-nomor subnet, dan nomor-nomor host untuk mengarahkan paket-paket ke tujuan yang sesuai.

Hierarchy Istilah yang digunakan unuk mendefinisikan pengalamatan IP, dalam pengalamatan hirarki, sejumlah bit digunakan untuk networking dan sejumlah bit lainnya untuk pengalamatan host. Juga digunakan dalam struktur DNS dan model rancangan Cisco.

Hop count Sebuah routing metric yang menghitung jarak antara sebuah sumber dan sebuah tujuan, berdasarkan pada jumlah router di jalur tersebut. RIP menggunakan hop count sebagai metric satu-satunya. Lihat juga: hop dan RIP.

Host address Alamat logical yang dikonfigirasi oleh seorang administrator atau server pada sebuah alat. Secara logical mengidentifikasi alat ini pada sebuah internetwork.

Host-to-host layer Layer dalam susunan Internet Protocol yang sama dengan layer Transport dari model OSI.

Hubs Alat-alat layer Physical yang sebenarnya hanya repeater dengan banyak port. Ketika sebuah sinyal digial elektronik diterima pada sebuah port, sinyal itu akan dikuatkan kembali atau akan dihasilkan ulang an dikirimkan keluar ke semua segmen dari mana sinyal tersebut diterima.

ICMP Internet Control Message Protocol: didokumentasikan dalam RFC 792, merupakan protocol Internet layer network untuk tujuan melaporkan error dan menyediakan informasi mengenai proseur-prosedur paket IP.

IEEE Institute of Electrical and Electronics Engineers: Sebuah oganisasi professional yang, selain aktivitas lain, mendefinisikan standar-standar dalam semlah bidang di computer dan elektrik, termasuk networking dan komunikasi. Standar-standar IEEE banyak digunakan dalam standar LAN dewasa ini. Banyak protocol yang dikenal dengan nomor referensi dari standar IEEE yang terkait.

IEEE 802.1 Spsifikasi komite IEEE yang mendefinisikan grup bridging. Spesifikasi untuk STP ( Spanning Tree Protocol ) adalah IEEE 802.1D. STP menggunakan STA (Spanning-tree Algorithm ) untuk menemukan dan mencegah loop-loop dalam network dalam network bridge. Spesifikasi untuk trunking VLAN adalah IEEE 802.1Q.

IEEE 802. 3 Spesifikasi komite IEEE yang mendefinisikan grup Ethernet khususnya standar 10 Mbps yang asli. Ethernet adalah sebuah protocol LAN yang menspesifikasikan layer Physical dan media akses sublayer MAC. IEEE 802. 3 menggunakan CSMA/CD untuk menyediakan akses bagi banyak alat pada network yang sama. Fast Ethernet didefinisikan sebagai 802.3U, dan Gigabit Ethernet didefinisikan sebagai 802.3Q. lihat juga: CSMA/CD.

IEEE 802.5 Komite IEEE yang mendefinisikan media akses Token Ring.

IGMP Internet Group Management Protocol: Digunakan oleh host-host IP, protocol yang melaporkan keanggotaan grup multicast mereka ke sebuah router multicast yang berdekatan.

IGP Interior Gateway Protocol: Semua protocol yang digunakan oleh sebuah internetwork untuk mempertukarkan data routing di dalam sebuah autonomus system. Contohnya termasuk RIP, IGRP, dan OSPF.

IGRP Interior Gateway Routing Protocol: algoritma routing distance vector yang propri etary Cisco. Merupakan perbaikan dari protocol RIP.

Internet “Network dari network” yang global, yang popularitasnya meledak dalam beberapa tahun terakhir. Asalnya adalah sebuah alat untuk riset akademis gabungan, ia telah menjadi sebuah media untuk pertukaran dan pendistribusian informasi dari semua jenis.kebutuhan Internet untuk menghubungkan platform-platform dan teknologi-teknologi computer yang berbeda telah menyebabkan dikembangkannya protocol-protocol dan standar-standar yang seragam, yang juga digunakan secara luas di LAN perusahaan. Lihat juga: TCP/IP dan MBONE.

Internet Sebelum kebangkitan internet, internet dengan huruf kecil ini adalah singkatan dari internetwork dalam konteks yang umum. Sekarang istilah ini sudah jarang digunakan. Lihat juga: internetwork.

Internet layer Layer dalam protocol TCP/IP yang menyediakan pengalamatan network dan routing melalui sebuah network.

Internet Protocol Semua protocol yang terdapat dalam susunan TCP/IP.lihat juga: TCP/IP.

Internetworking Secara umum, semua yang berhubungan dengan tugas umum untuk menghubungkan network-network satu sama lain. Istilah ini mencakup teknologi, prosedur dan produk. Ketika anda menghubungkan network-network dengan sebuah router, anda menciptakan sebuah internetwork.

 

IP Internet Protocol: Didefinisikan dalam RFC 791, merupakan sebuah protocol layer network yang menjadi bagian dari susunan TCP/IP dan menawarkan            koneksi yang connectionless. IP menyediakan banyak fitur untuk pengalamatan, spesifikasi jenis layanan, fragmentasi dan reassembly (perakitan kembali frame), dan keamanan.

IP address Sering isebut alamat internet, ini adalah sebuah alamat yang secara unik mengidentifikasi semua alat (host) pada internet (atau network TCP/IP lain). Setiap alamat terdiri dari 4 oktet (32 bit), dinyatakan sebagai angka decimal yang dipisahkan oleh titik-titik (sebuah format yang dikenal sebagai dotted-decimal). Semua alamat dibentuk oleh sebuah omor network, sebuah nomor subnetwork opsional, dan sebuah nomor host. Nomor network dan subnetwork digunakan bersama untuk routing, sementara nomor host menunjukkan sebuah host tunggal di dalam network atau subnetwork. Informasi network dan subnetwork diambil dari alamat IP menggunakan subnet mask. Ada lima class alamat IP(A-E), dimana class A-C mengalokasikan jumlah-jumlah yang berbeda dari bit-bit untuk bagian alamat untuk network, subnetwork, dan host. Lihat juga: CIDR, IP dan subnet mask.

IPX Internet Packet eXchange: protocol layer network (layer 3) yang digunakan dalam network Novell Netware ntuk memindahkan informasi dari server ke work station. Sama dengan IP dan XNS.

LAN Local Area Network: secara luas, semua netwoek yang menghubungkan dua atau lebih kmputer dan alat-alat yang terhubung dalam sebuah area geografis yang terbatas (sampai beberapa kilometer). LAN-LAN biasanya adalah network yang berkecepatan tinggi dan memiliki error yang rendah, di dalam sebuah perusahaan. Pengkabelan dan pensinyalan pada layer Physical dan Data Link dari OSI diatur dalam standar-standar LAN. Ethernet, FDDI, dan Token Ring merupakan beberapa teknologi LAN yang paling popular. Bandingkan dengan: MAN.

LAN switch Sebuah mekanisme bridging yang transparan, multi-interface, dan berkecepatan tinggi, mentransmisikan paket-paket antara segmen-segmen dari data link, biasanya mengacu khusus pada sebuah switch Ethernet. Switch LAN memindahkan lalu lintas berdasarkan alamat MAC. Lihat juga: mutilayer switch dan store-and-forward packet switching.

 

Latency Secara umum, adalah waktu yang diperlukan untuk sebuah paket untuk berpindah dari satu kasi ke lokasi lain. Dalam konteks networking yang khusus, ia dapat berarti: (1) waku yang berlalu (delay) antara pelaksanaan atau eksekusi dari sebuah permintaan untuk mengakses sebuah network oleh sebuah alat dan waktu di mana mekanisme tersebut benar-benar diperbolehkan untuk melaksanakan transmisi tersebut, atau (2) waktu yang berlalu antara ketika sebuah mekanisme menerima sebuah frame dan waktu frame tersebut dikirimkan keluar dari port tujuan.

Layer Istilah yang digunakan dalam networking ntuk mendefinisikan bagaimana modelOSI bekerja untuk meng-enkapsulisasi data untuk ditransmisikan pada network.

Layer 3 switch Lihat: multilayer switch.

Link state protocol Dalam protocol link state, juga disebut protocol shortest-path-first. Masing-masing router membuat tiga buah tabel yang terpisah. Satu dari tabel ini mencatat tetangga-tetangga yang berhubungan langsung, satu menentukan topologi dari internetwork keseluruhan, dan satu digunakan sebagai sebuah routing table. Router link state mengetahui lebih banyak tentang internetwork dibandingkan protocol routing yang distance-vector.

LLC Logical Link Control: Didefinisikan ole IEEE, adalah ang lebih tinggi dari kedua sublayer dari data link. LLC bertanggng jawab terhadap deteksi error (tetapi bukan koreksi), flow control, framing, dan pengalamatan sublayer secara software. Protocol LC yang utama, IEEE 802.2, mendefenisikan operasi yang conectionles dan connection-oriented. Lihat juga :Data Link Layer dan MAC.

Logical adresss Alamat-alamat layer network yang mendefinisikan bagaimana data dikirimkan dari satu network lain, contoh dari alamat logical adalah IP dan IPX.

MAC Media Access Control: Sublayer yang lebih rendah dalam layer data link, bertanggung jawab untuk pengalamatan hardware, media akses, dan deteksi error dari frame. Lihat juga: layer data link dan LLC.

MAC address Sebuah alamat hardware layer data link yang diperlukan oleh semua port atau semua alat untuk terhubung ke sebuah segmen LAN. Alamat-alamat ini digunakan oleh bermacam-macam alat dalam network untuk lokasi yang akurat dari alamat logical. Alamat MAC didefinisikan oleh standar IEEE dan panjangnya adalah enam karakter, biasanya menggunakan burned-in address (BIA) dari interfaceLAN local. Sering juga disebut alamat hardware, alamat fisik, alamat burned-in, atau alamat layer MAC.

 

Media translation Sebuah property router yang memperbolehkan dua jenis LAN yang berbeda untuk berkomunikasi, sebagai contoh, Ethernet untuk Token Ring.

Multicast Secara umum, semua komuniksi antara seorang pengirim tunggal dan beberapa penerima. Tidak seperti pesan broadcast, yang dikirim ke semua alamat pada seuah network, pesan multicast dikirimkan ke sebuah bagian dari alamat network yang didefinisikan: bagian ini memiliki sebuah alamat multicast grup, yang dispesifikasikan dalam field alamat tujuan dalam paket. Lihat juga: broadcast dan directed broadcast.

Multiplexing Proses mengubah beberapa sinyal logic menjadi sebuah sinyal fisik tungal untuk transmisi melalui sebuah kanal fisik. Barlawanan dengan: demultiplexing.

 

Network layer dalam model referensi OSI, merupakan layer ke3, layer dimana routing diimplementasikan, mengaktifkan koneksi-koneksi dan pemilihan jalur antara dua system akhir. Lihat juga: Application layer, Data Link Layer, Physical layer, Presentation layer, Session layer dan Transport layer.

NIC Network Interface Card: Sebuah board rangkaian elektronik yang ditempatkan dalam sebuah computer. NIC menyediakan komunikasi network melalui sebuah LAN.

OSI Open System Interconnection: Program standarisasi internasional yang dirancang oleh ISO dan ITU-T untuk pengembangan standar-standar networking data yang memungkinkan terjadinya interoperabilitas atau kerja sama antara perlengkapan-perlengkapan multivendor.

OSI referensi model Model referensi Open System Interconnection: Sebuah model konseptual yang didefinisikan oleh International Organization for Standarization (ISO), yang mengambarkan bagaimana kombinasi apapun dari alat-alat network dapat dihubungkan untuk tujuan berkumunikasi. Model OSI membagi pekerjaannya menjadi tujuh layer yang fungsional, membentuk sebuah hirarki dengan aplikasi-aplikasi di atas dan medium fisik di bawah, dan ia mendefinisikan fungsi-fungsi yang harus disediakan oleh setiap layer. Lihat juga: Application layer, Data Link layer, Network layer, Physical layer, Presentation layer, Session layer dan Transport layer.

OSPF Open Shortes Part First: Sebuah algoritma routing yang hierarkis dan link-state yang diturunkan dari sebuah versi sebelumnya dari protocol IS-IS, yang  fitur-nya termasuk routing multi jalur, load balancing dan routing dengan cost terendah. OSPF adalah pengganti RIP yang di sarankan dalam lingkungan internet. Lihat juga: Enhanced IGRP, IGP dan IP.

OUI organizationally unique identifier: Kode yang diberikan oleh IEEE kepada sebuah organisasi yang membuat kartu interface network. Organisasi kemudian meletakan OUI ini pada setiap dan semua kartu yang dibuatnya. OUI panjangnya 3 byte (24 bit). Pembuat kartu kemudian menambahkan sebuah identifikasi 3-byte untuk mengidentifikasi host secara unik. Panjangnya total dari alamat tersebut adalah 48 bit (6 byte) dan disebut sebuah alamat hardware atau alamat MAC.

Packet Dalam komunikasi data, adalah satuan logical dasar dari informasi yang dipindahkan. Sebuah paket terdiri dari sejumlah byte data, dibungkus atau dienkapsulasi dalam header dan atau trailer yang mengandung informasi tentang dari mana packet berasal, ke mana tujuannya dan seterusnya. Berbagai protocol yang terlibat dalam mengirimkan sebuah transmisi menambahkan layer informasi header dari mereka sendiri, yang dapat diinterpretasikan oleh protocol yang terkait pada alat yang menerima.

PDU Protokol Data Unit: Proses-Proses pada setiap layer dari medel OSI. PDU pada layer Transort disebut segmen; PDU pada layer network disebut paket atau diagram; dan PDU pada layer Data Link disebut frame. Layer physical menggunakan bit-bit.

Physical layer Layer terendah-layer1-dalam model referensi OSI, bertanggung jawab untuk mengubak frame-frame data dari layer Data Link (layer 2) menjadi sinyal-sinyal listrik protocol-protokol dan standar-standar layer Physical mendifinisikan, sebagai contoh, jenis kabel dan konektor yang digunakan termasuk pemilihan pn dan skema enconding untuk pensinyalan nilai 0 dan 1. Lihat juga: Application Layer, Data Link Layer, Network Layer, Presentasion Layer, Session Layer Dan Transport Layer.

Presentation layer Layer 6 dari model referensi OSI, mendefinisikan bagaimana data di-format, dinyatakan, di-encode dan diubah untuk digunakan oleh software pada layer Aplikasi. Lihat juga: Application Layer, Data Link Layer, Network Layer, Physical Layer, Session Layer Dan Transport Layer.

Protocol Dalam networking, spesifikasi dari sebuah kumpulan aturan untuk sebuah tipe komunikasi tertentu. Istilah ini juga digunakan untuk mengacu pada software yang mengimplementasikan sebuah protocol.

reliability Seperti IGRP, EIGRP hanya menggunakan bandwidth dan delay dari sambungan untuk menentukan jalur terbaik ke sebuah network  remote, secara default. Namun, EIGRP dapat menggunakan sebuah kombinasi dari bandwidth, delay, beban, dan reliability dalam pencarian jalur terbaik ke sebuah network remote. Reliability mengacu pada reliability dari link untuk setiap network remote.

Reliable Transport Protocol (RTP)  Protokol ini digunakan dalam protocol routing EIGRP, bertanggung jawab untuk pengiriman paket-paket EIGRP yang teratur dan terjamin ke semua tetangga.

Ring Dua atau lebih stasion yang terhubung dalam sebuah topologi melingkar logic. Dalam topologi ini , yang menjadi dasar untuk Token ring, FDDI, dan CDDI, informasi dipindahkan dari stasion ke stasion secara berurutan.

Ring topology Sebuah topologi logical yang terdiri dari serangkaian repeater yang membentuk sebuah loop tertutup degan menghubungkan link-link transmisi yang satu arah. Setiap stasion pada network dihubungkan dengan network pada sebuah repeater. Secara fisik, topologi ring biasanya diorganisir dalam sebuah topologi bintang loop tertutup (closed-loop star). Bandingkan dengan: bus topology dan star topology.

RIP Routing Information Protocol: Protokol gateway interior yang paling umum digunakan dalam Internet. RIP menggunakan jumlah hop sebagai metric routing. Lihat juga: Enhanced IGRP, IGP, OSPF dan hop count.

RJ connector registered jack connector: Digunakan dengan kabel twisted-pair untuk menghubungkan kabel tembaga ke kartu interface network, switch, dan hub.

Rolled cable Tipe pengkabelan yang digunakan untuk menghubungkan port COM dari sebuah PC ke port konsol dari sebuah router atau switch.

Routed protocol routed protocol (seperti IP dan IPX) digunakan untuk mentransmisikan data user melalui sebuah iternetwork. Berbeda dengan itu, routing protocol (seperti RIP, IGRP DAN OSPF) digunakan untuk meng-update tabel routing antara router-router.

Router Sebuah mekanisme layer network, bisa berupa software atau hardware, yang mengunakan satu atau beberapa metric untuk menentukan jalur terbaik untuk digunakan bagi transmisi dari lalu lintas network. Mengirimkan paket-paket diantara network-network yang dilakukan oleh router, didasarkan pada informasi yang disediakan pada layer Network.Dalam sejarahnya, alat ini kadang disebut sebagai sebuah gateway.

Routing Proses melakukan forwading paket-paket yang memiliki alamat logical dari subnetworkasal paket tersebut, ke tujuan akhirnya. Dalam network yang besar, banyaknya tujuan sementara yang dilalui oleh paket sebelum mencapai tujuan akhirnya dapat mengakibatkan routing menjadi sangat rumit.

 

Routing protocol protocol apa pun yang mendefinisikan algoritma yang digunakan untuk melakukan update table rounting diantar router-router. Contohnya adalah IGRP, RIP, dan OSPF.

Routing table Sebuah tabel yang disimpan dalam sebuah router atau mekanisme internetwork  lainnya yang memelihara sebuah catatan dari hanya rute-rute terbaik yang mungkin, ke tujuan network tertentu and metrik-metrik yang diasosiasikan dengan rute-rute tertentu.

Session layer Layer 5 dari model referensi OSI, bertanggung jawab untuk membuat, mengelola, dan mengakhiri session-session antara aplikasi-aplikasi dan mengawasi pertukaran data antara entitas-entitas layer, Presentation. Lihat uga: Aplication layer, Data Link layer, Network layer, Physical, Presentation layer, dan Transport layer.

Simplex Sebuah mode dimana data atau sinyal digtal ditransmisikan. Simplex adalah sebuah cara melakukan transmisi hanya dalam satuarah. Half duplex melakukan transmisi dalamdua arah tetapi hanya satu arah pada setiap saat. Full duplex melakukan trasmisi dalamdua arah secara brsamaan.

Sliding window Metode flowcontrol yang digunaan oleh TCP, seperti juga beberapa protocol layer data link. Metode ini menempatkan sebuah buffer diantara aplikasi penerima dan aliran data network. “Window” yang tersedia untuk menerima data adala ukuran bufr dikurangi dengan jumlah data darinya dan berkurang jika data baru dikirim. Penerima mengirimkan pemberitahuan kepada pengirim tentang ukuran window saat itu, dan penerima mungkin menghentikan penerimaan data window meningkat diatas sebuah ambang tertentu.

SMTP Simple Mail Transfer Protocol: Sebuah protocol yang digunakan pada Interne untuk menyediakan layanan mal elektronik.

SNA System Netwok Architecture: Sebuah arsitektur network yan kompleks dan kaya dengan fitur, yang mirip dngan model referensi OSI tetapi dengan beberapa variasi: dibuat oleh IBM pada tahun 1970-an dan pada dasarnya terdiri dari tjh layer.

SNAP Subnetwork Access Protocol: SNAP adalah sebuah frame yang digunakan dalam LAN Ethernet, Token Ring, dan FDDI. Transferdata, manajemen koneki, dan pemilihan QoS adalah tiga fungsi utama yang dilakukan oleh frame SNAP.

SNMP Simple Network Management Protocol: Protokol ini melakukan polling agen-agen atau ala-alat SNMP untuk data statistik dan environmental . Data ini dapat termasuk temperaur alat, nama, statistic untuk kerja, dan lebih banyak lagi. SNMP bekerja  dengan objek-objek MB yang terdapat pada agen-agen SNMP. Informasi ini di-querry dankemudian dikirimkan ke server SNMP.

Star topology Sebuah topolgi Fisikal LAN dengan titik-titik ujug pada network berkumpl pada sbuah alat network pusat (dikenal sebagai sebuah hub) menggunakan link titik-ke-titik. Sebah topologi ring dapat dikonfigurasikan sebagai sebuah topologi bintang fisik menggunakan sebuah topologi bintang loop tertutup satu arah, dari pada menggunakan link titik-ke-tiik. Koneksi didalam hub diatur dalam sebuah ring internal. Lihat juga: bus topology dan ring topology.

Straight through cable Tipe kabel Ethernet yang menghuungkan sebuah host ke sebuah switch, host ke sebuah hub, atau router k sebuah switch atau hub, atau router ke sebuah switch atau hub.

TCP Transmission control Protocol: sebuah protocol connection-oriented yang didefinisikan pada layer transport dari model refernsi OSI. Menyediakan pengiriman yang dapat diandalkan.

 

TCP/IP Transmission Control Protocol:

TFTP Trivial File Transfer Protocol: Secara konseptual, sebuah versi FTP yang disederhanakan; merupakan protocol yang dipilih jika Anda mengetahui secara pasti apa yang Anda inginkan dan dimana ada mendapatkannya.TFTP tidak menyediakan sejumlah fungsi seperti di FTP. Secara khusus. TFTP tidak memiliki kemampuan browsing directory; ia tidak bisa melakukan apa-apa kecuali mengirim dan menerima file-file.

Thicknet Juga disebut 10base2. Network bus yang menggunakan kabel koaksial tebal dan menjalankan akses media Ethernet sampai 185 meter.

Thinnet Juga disebut 10Base5. Network bus yang menggunakn kabel koaksial tebal dan mnjalankan Ethernet sampai185 meter.

Three-way handshake Istilah yang digunakan dalam sebua session TCP untuk mendefinisikan bagaimana sbuah rangkaian virtual di set-up. Diseut jabat tangan “tiga cara” krena menggunakantga buah segmen data.

Token Sebuah frame yang berisi hanya informasi control. Memiliki informasi ontrlini memberikan izin keada sebuah alat network untuk melakuka transmisi data pada ntwork tersebut. Lihat juga: token pasing.

Token ring Teknologi LAN token-pasing dari IBM. Berjalanpada 4 Mbps atau16 Mbps melalui sebuah topologi ring. Didefiisikan secara formal oleh IEEE802.5. Lihat juga: ring tpology dan token passing.

Transparent bridging Skema bridging yang digunakan di network Ethernet dan IEEE 802.3, ia melewatkan frame-frame pada sebuah hop untuk setiap kali, meggunakan ifrmasi bridging yang disimpan dalam tael-tael yang mengasosiasikan alamat-alamat MAC node akhir dnga port-port dari bridge. Tipe bridging ini dianggap trasparan karena node sumber tidak mngetahui bahwa ia telah melewati proses bridging, karena frame-frame ditujukan secara langsung ke node akir. Berlawanan dengan: SRB.

Transport layer Layer 4 dari model refrensi OSI, digunakan untuk komunikasi yang dapat diandalkan antara node-node akhir melalui network. Layer transport menyediakan mekanisme yang dgunakan untkmembuat, memelihara, dan mengakhiri rangkaian-rangkaian virtual, mengangkut deteksi kesalahan dan recovery, dan mengendalikan aliran informasi. Lihat juga: Applicaton layer, Datalink layr, Network layer, Phisiycal layer, Presentation layer, dan Session layer.

UDP User Datagram Protocol: Sebuah protocol layer Transport yang connectionless dalam susunan protocol TCP/IP yang memperbolehkan datagram-datagram untuk dipertukaran tanpa acknowledgment atau jaminan pengiriman, yan mana mebutuhkan protokol-protokol lain untuk menangani pemrosesn error dan transmisi ulang. Udp didefinisikan dalam RFC 768.

UTP unshielded twisted-pair. Pengkabelan tembaga yang digunakan dalam network kecil sampai besar untuk menghubungkan alat-alat host ke hub-hub dan switch-switch. Juga  digunakan untuk menghuugkan switch ke switch ke hub.

Virtual circuit (VC) sebuah rangkaian logkal yang dibuat untuk memastikan komunikasi yang dapat diandalakan diantara dua alat pada sebuah network. Didefinisikan oleh sebuah virtual path identifier (VPI/VCI), sebuah rangkaian virtualdignaka dalamframe relay dan x.25. Dikenal sebagai kanal vitual dalam ATM. Lihat juga: PVC dan SVC.

Virtual ring Dalam sebuah network SRB, sebuah koneksi logical anatara ring-ring fisik, baik local maupun remote.

WAN Wide rea Network. Adalah sebuah pengaturan yang digunakan untuk menghubungkan LAN-LAN bersama-sama melali sebuah network DCE ( data communication equipment). Buasanya sebuah WAN adalah sbuah koneksi leased lineatau dial-up yang melalui sebuah netwok PSTN. Contoh-contoh dari protocol WAN trmasuk frame relay, PPP, ISDN dan HDLC.

Windowing Metode flow-control yang digunakan dengan TCP pada layer transport dari model OSI.