Kelebihan teknologi ini adalah mengeliminasi penggunaan kabel, yang bisa cukup menganggu secara estetika, dan juga kerumitan instalasi untuk menghubungkan lebih dari 2 piranti bersamaan. Misalnya: untuk menghubungkan sebuah 1 komputer server dengan 100 komputer client, dibutuhkan minimal 100 buah kabel, dengan panjang bervariasi sesuai jarak komputer klien dari server. Jika kabel2 ini tidak melalui jalur khusus yang ditutupi (seperti cable tray atau conduit), hal ini dapat mengganggu pemandangan mata atau interior suatu bangunan. Pemandangan tidak sedap ini tidak ditemui pada hubungan antar piranti berteknologi nirkabel.

Kekurangan teknologi ini adalah kemungkinan interferensi terhadap sesama hubungan nirkabel pada piranti lainnya.

Mengapa Nirkabel?

Ketergantungan yang besar terhadap jaringan komputer dalam berbagai bisnis yang disertai pertumbuhan Internet dan layanan online yang melesat adalah bukti-bukti kuat betapa pentingnya keuntungan yang diperoleh dari sistem informasi (data) yang dapat digunakan bersama. Dengan menggunakan jaringan computer nirkabel, para pengguna komputer dapat mengakses informasi tanpa perlu mencari sebuah tempat untuk menancapkan kabel, dan para manajer jaringan dapat membangun atau memperbesar jaringan tanpa perlu memasang atau memindahkan kabel-kabel. Jaringan komputer nirkabel menawarkan produktivitas dan keunggulan biaya rendah dibandingkan jaringan komputer tradisional:
· Mobilitas: Sistem komputer nirkabel dapat menyediakan akses informasi real-time kepada setiap pengguna dalam organisasi. Mobilitas ini memberikan produktivitas dan kesempatan layanan-layanan yang sebelumnya tidak mungkin diperoleh dari jaringan komputer menggunakan kabel.
· Kemudahan dan Kecepatan dalam Pemasangan: Memasang sebuah sistem jaringan komputer nirkabel sebenarnya dapat dilakukan dengan cepat dan mudah dan tidak membutuhkan keperluan menarik kabel melalui tembok dan atap ruangan.
· Fleksibilitas dalam Pemasangan : Teknologi nirkabel memungkinkan jaringan komputer diakses dari tempat yang sebelumnya tidak bisa dilakukan oleh jaringan komputer dengan kabel.
· Mengurangi Biaya Kepemilikan : Walaupun investasi awal yang dibutuhkan dalam menyiapkan perangkat jaringan komputer masih lebih mahal daripada perangkat jaringan komputer menggunakan kabel, biaya pemasangan dan biaya life-cycle kemudian akan menjadi lebih murah. Keuntungan jangka panjang adalah pilihan yang terbaik dalam lingkungan usaha yang menuntut perubahan dan pergerakan terus menerus.
· Skalabilitas: Sistem jaringan komputer nirkabel dapat dikonfigurasi dalam berbagai topologi yang sesuai dengan kebutuhan aplikasi dan pemasangan spesifik. Konfigurasi sangat mudah dirubah, mulai jarak dari peer-to-peer, jaringan yang disesuaikan dengan jumlah pengguna, mulai dari beberapa orang pengguna saja sampai ribuan pengguna yang memungkinkan roaming dalam lingkup yang luas